.

.

Cara Mengembalikan Kemampuan Bermain Gitar Setelah Lama Berhenti

http://kuncichord-gitar.blogspot.com/
Apakah sekarang anda mulai berlatih gitar kembali setelah sekian lama anda telah berhenti memainkan gitar? entah itu tidak bermain gitar selama seminggu, sebulan atau mungkin bertahun - tahun. Yang jelas anda pasti terkejut ketika melihat kemampuan anda menurun drastis ketika anda mulai bermain gitar kembali. Bermain gitar adalah ketrampilan yang harus selalu diasah setiap saat, sehingga wajar kalau kemampuan anda menurun jika anda tidak melatih jari - jari anda untuk sekian lama. Berikut saya akan memberikan beberapa tips yang dapat dijadikan pedoman bagi anda untuk mengembalikan kemampuan bermain gitar anda setelah sekian lama beristirahat atau berhenti.
  • Kembalikan Kecerdasan dan intelegensi anda, Jari setelah itu.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengembalikan kecerdasan dan intelegensi anda dalam bermain gitar. Sebenarnya hal ini adalah salah satu metode umum untuk semua orang yang sedang belajar gitar, yaitu menggunakan fikiran dan intelegensi. Kita pahami dulu teorinya, baru setelah itu kita lanjutkan prakteknya. apalagi untuk mengembalikan kemampuan belajar gitar anda setelah beristirahat sekian lama, diperlukan waktu untuk mengingat kembali tentang teori, lick gitar, dan cara latihan yang lupa. Intinya disini adalah Mulailah memfokuskan fikiran anda ke dalam latihan gitar dan singkirkan masalah yang membuat anda tidak fokus. Hal - hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga anda tetap fokus adalah :
- Berlatihlah secara rutin dan fokus agar anda cepat menemukan kemampuan anda kembali.
- Jika masalah atau hal lain tiba - tiba muncul di fikiran anda, segera hilangkan hal tersebut dan terus mencoba untuk menaikkan tingkat konsentrasi anda ke tingkat yang lebih tinggi selama anda latihan.
  • Jangan Terlalu Diporsir

Biasanya pemain gitar yang ingin segera mengembalikan kemampuan bermain gitarnya, selalu melakukan latihan gitar secara berlebihan. Justru ini hanya akan membuang waktu dan latihan anda tidak akan efektif nantinya. Disamping itu, hal ini juga bisa berpotensi membuat anda frustasi ataupun cidera. Kebanyakan pemain gitar berfikir bahwa berlatih lebih mengarah ke hasil. Sebagai catatan, kuantitas tidak akan mengatasi kualitas. Alangkah lebih baik jika setiap latihan diberikan jeda waktu beristirahat untuk beberapa saat dan jangan terlalu dipaksakan untuk segera mencapai sebuah hasil yang diinginkan.
  • Tahap Demi Tahap

Karena setelah sekian waktu anda berhenti bermain gitar, Penerunan kemampuan bermain gitar setiap orang berbeda - beda. Mulailah berlatih dari teknik awal yang termudah sampai anda benar - benar menguasai kembali teknik tersebut. Untuk minggu pertama latihan, Jangan lakukan teknik yang terlalu sulit dahulu, karena otot - otot jari anda belum terlalu pulih untuk melakukan hal yang terlalu berat.
  • Kontrol Rasa Frustasi Dan Belajar Dari Kesalahan Anda

Sulit memang untuk mengontrol rasa frustasi ketika kemampuan anda terlalu jauh dari harapan anda. Jangan biarkan rasa frustasi tersebut mengalahkan semangat anda dalam bermain gitar. Jika anda melakukannya, rasanya akan sulit untuk mengembalikan kemampuan anda ke tingkat semula apalagi ke level yang lebih tinggi. Intinya, anda akan membuat banyak kesalahan sebelum anda menjadi seorang gitaris yang hebat. Bahkan, sebagian besar waktu latihan anda akan terdiri dari proses yang tak pernah berakhir untuk menganalisa dan memperbaiki kesalahan yang pernah anda lakukan. Berawal dari kesalahan, perbaikilah kesalahan tersebut untuk menaikkan kemampuan bermain gitar anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan kemampuan bermain gitar setelah lama berhenti, mudah mudahan setelah membaca artikel ini, kemampuan anda akan kembali ke level yang anda inginkan. Simak juga beberapa artikel menarik kami lainnya mengenai Belajar Gitar, sebagai apanduan anda dalam bermain gitar. Akhir kata dari kami, wassalam.

1 Response to "Cara Mengembalikan Kemampuan Bermain Gitar Setelah Lama Berhenti"

Anonymous said...

Keren postingannya. Tema blognya juga keren. sama kaya blog saya. Kunjungin balik ya :)